Jumat, 02 Januari 2009

Al-Qur’an berbicara tentang Shalat Malam (Tahajjud)

Begitu pentingnya ibadah malam tahajjud, al-Qur’an pun menyebutkannya diberbagai surah. Adapun mengenai shalat malam, Al-Qur’an menyebutkannya tersendiri, di samping juga menyebutkannya bersama-sama dengan shalat fardhu yang 5. Dalam surah yang ke-17 ayat ke 79 dikatakan bahwa jika kita mampu mengerjakan shalat tahajjud, kedudukan yang sangat terpuji akan kita raih. karena shalat tahajjud ini merupakan penyempurna bagi shalat fardhu yang 5.

Barangsiapa ingin memperoleh keinginan yang kuat, ketajaman ucapan di tengah masyarakat, dan kemuliaan di dalam menghadapi problema, maka hendaklah ia mengerjakan shalat malam (tahajjud) ini di pertengahan malam. ketika manusia sedang terlelap tidur. Bagi siapapun yang menginginkan kehidupan dunia maupun kehidupan akhirat, maka hendaklah dia pun harus memperhatikan pembahasan mengenai shalat malam ini.

Kita terbiasa sehari-hari melek hingga jam 11 atau jam 12, ini terhitung sebagai permulaan malam. Barang siapa sibuk mengerjakan ibadah di waktu ini, sama dengan orang yang mengerjakan ibadah di pertengahan siang hari. Permulaan siang hari dan permulaan malam hari tidak memberikan apa-apa kepada manusia jika dibandingkan ibadah yang dikerjakan akhir malam, atau lebih utama lagi pada waktu sahur.

Tidak ada komentar: